Laman

Sabtu, 12 November 2011

Mau Dibawa Kemana Pendidikan Kita?



Jakarta (13/10/2011)- Diskusi Publik Fraksi PKS DPR RI bertemakan ‘Mau Dibawa Kemana Pendidikan Kita?’ memberikan pesan kepada masyarakat, bahwa sampai saat ini Indonesia belum mempunyai grand design yang jelas tentang pendidikan nasional. Narasumber dalam diskusi ini adalah Utomo Dananjaya (Direktur Institute for Education Universitas Paramadina),Dharmaningtyas (Pemerhati Pendidikan), dan Rohmani (Anggota Komisi X DPR RI)

“Terlihat jelas  belum adanya perencanaan strategis pendidikan nasional yang konsisten menjabarkan amanat Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia  1945. Selain itu,  pendidikan berjalan tanpa bingkai moral yang tegas, sehingga kehilangan arah dan hakikat yang paling asasi yaitu menghasilkan manusia Indonesia yang berakhlak mulia, beriman dan bertakwa, ungkap Raihan, Anggota Komisi X FPKS DPR RI di Senayan, Kamis (13/10).

Raihan menjelaskan, diskusi ini bertujuan untuk mendapatkan formulasi kebijakan pendidikan yang akan diperjuangkan oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Bisa melalui kajian, pembekalan dan penguatan mengenai konsep pembangunan pendidikan di Indonesia .

“Harapannya, setiap ganti Menteri tidak terjadi pergantian arah kebijakan yang ekstrem. Anak didiklah yang akan menjadi korban dari kebijakan yang berubah-ubah dan tidak mempunyai arah yag jelas.”

“Proses pembekalan pengetahuan, penanaman nilai, pembentukan sikap dan karakter, pengembangan bakat, kemampuan dan keterampilan, menumbuhkembangkan potensi akal, jasmani dan rohani yang optimal, seimbang dan sesuai dengan tuntutan zaman adalah hal yang wajib diwujudkan”, tuturnya

Politisi PKS di Komisi X DPR RI ini menegaskan, pendidikan adalah salah satu pilar pokok dalam pembangunan bangsa. Tinggi rendahnya derajat dan kedudukan bangsa bisa dilihat dari mutu pendidikan yang diterapkan.

Pendidikan yang tepat dan efektif, lanjut Raihan,  akan melahirkan anak-anak bangsa yang cerdas, bermoral, memiliki etos kerja dan inovasi yang tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar